Minggu, 22 Maret 2015

Kriteria Penilaian Cerpen

Kriteria penilaian kualitas cerpen di cerpenmu di tentukan oleh beberapa hal di bawah ini:


  • Orisinilitas atau keunikan alur cerita

  • Kerapihan cerpen dari mulai penggunaan tata bahasa yang baik (ejaan yang baik dan tidak terlalu berlebihan menggunakan bahasa “gaul” atau singkatan singkatan kata),tanda baca yang baik dan benar, kerapihan paragraf dari cerpen yang di kirim, dan sisi sisi teknis lain nya.

  • Adanya unsur kejutan dalam cerita… atau alur alur cerita yang diluar prediksi dari para pembaca, unsur seperti ini biasanya akan mampu memberikan efek unik “gereget dan penasaran” yang dapat lebih mamainkan emosi pembaca untuk terus membaca, membuat mereka semakin ingin tahu akhir cerita yang seperti apa yang akan kamu sajikan dari cerpen yang telah kamu buat.

  • Memasukan unsur Konflik batin (pertentangan batin) ke dalam cerita, ini biasanya akan menyedot para pembaca untuk masuk “lebih dalam” ke dunia cerita yang kamu buat… membuat mereka menyelami bagaimana sesungguhnya perasaan para tokoh tokoh utama cerita, juga kegalau’an yang mereka rasakan sesungguhnya dalam memutuskan sebuah keputusan yang akan menentukan alur cerita, membuat para pembaca seakan akan juga merasakan apa yang tokoh utama rasakan, rasa sakit, pedih, galau, bahagia dan lain sebagainya

  • Cara penyampaian cerita kepada pembaca, kita bisa saja semisal menemukan 3 cerpen hasil karya dari 3 orang yang berbeda dengan inti cerita yang sama, namun kemampuan si penulis A, B, dan C dalam menyampaikan isi cerita itulah yang nantinya akan sangat membedakan kualitas suatu cerita di mata para pembacanya, Kemampuan si penulis dalam memainkan emosi para pembaca melalui tulisan-tulisannya akan sangat terlihat dari cerpen yang di hasilkan.

  • Konsistensi kualitas cerpen dari hasil hasil karya sebelumnya yang pernah di terbitkan di cerpenmu. Ya, mungkin bisa di katakan ini terkesan sedikit subjektif, tapi di akui ataupun tidak, ini terjadi di belahan dunia manapun.

  • Ketika seseorang sudah menyukai hasil karya penulis tertentu, maka ada kecenderungan ia akan memberikan perhatian lebih terhadap setiap hasil karya baru dari penulis yang disukainya tersebut, dan kecenderungan dia akan selalu mencoba melihat sisi-sisi positif dari hasil karya baru dari si penulis, walaupun terkadang hasil karya barunya tidaklah sebaik hasil karya sebelumnya, namun selama kualitasnya tidak terlalu “jomplang” menurun biasanya hasil karyanya tersebut akan selalu dapat di terima dengan baik.

  • Adanya nilai-nilai positif kehidupan yang di sampaikan melalui cerpen kepada para pembaca. “Anda dapat mempengaruhi banyak orang melalui tulisan!” Hasil karya anda… cerpen cerpen yang anda buat itu akan dapat mempengaruhi cara pandang para pembaca!, ada beban moral yang anda tanggung sebenarnya ketika anda menjadi seorang penulis.

  • Ketika anda membuat sebuah cerita dan cerita tersebut memberikan kesan mendalamkepada para pembacanya, maka biasanya mereka akan menghayati itu dan sedikit banyak nilai nilai kehidupan (baik positif ataupun negatif) yang mereka terima dari cerita yang anda buat tersebut akan mereka aplikasikan di kehidupan nyata mereka!.

  • Tentunya kami akan lebih munyukai cerpen cerpen yang lebih banyak membawa nilai nilai positif kehidupan di banding cerpen yang lebih banyak membawa nilai nilai negatif… karena inilah yang menjadi salah satu “kunci utama” yang dapat membangun mental anak bangsa kedepan!, dan cerpenmu.com ingin berkontribusi dalam membangun itu!

  • Cerpen yang dapat di nikmati oleh semua kalangan menjadi salah satu sisi positif yang kami pertimbangkan juga dalam menilai kualitas suatu cerpen. Terkadang kita dapat menemukan cerpen cerpen tertentu dengan penggunaan bahasa yang begitu dalam/kompleks, sesekali hal ini memang terkadang di perlukan untuk memberikan kesanartistik dalam suatu cerpen, namun apabila hal tersebut diterapkan terlalu berlebihanmaka itu akan membuat suatu cerpen menjadi cukup sulit untuk di cerna, sehingga alur ceritanya pun jadi lebih berat untuk di nikmati oleh pembaca. Jenis cerpen seperti ini memang biasanya bagus di nikmati oleh kalangan tertentu, namun akan sulit untuk di terima oleh semua kalangan.

0 komentar:

Posting Komentar